Endra Yuafanedi Arifianto

Universitas Brawijaya

WISATA ALAM SUMBER MARON

Malang memiliki kontur pegunungan hingga pantai. Dengan kondisi alam demikian, Malang dianugerhi dengan berbagai macam destinasi wisata yang diakui bukan hanya wisatawan domestik bahkan hingga wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah wisata bahari Sumber Maron.

Wisata alam Sumber Maron merupakan tempat rekreasi yang terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang Jawa Timur. Dari Kota Malang membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30-45 menit. Sumber Maron seperti Mutiara di dalam lautan, letaknya tersembunyi diantara persawahan dan perumahan. Wisatawan dapat berkunjung mulai pukul 08.00-17.00 setiap hari.

Sumber maron merupakan destinasi wisata yang sangat recommended buat berlibur sekaligus melepas penat. Dengan biaya masuk yang sangat murah cocok untuk kalangan mahasiswa akhir bulan yaitu Rp.3000,00. Meskipun murah meriah Sumber Maron bukan tempat murahan. Destinasi wisata ini memiliki kombinasi keindahan alam antara persawahan dan berbagai spot wisata, mulai dari kolam pemandian hingga spot untuk rafting.

 1

Gambar 1. Air Jernih Di Kolam Pemandian Sumber Maron

Spot pertama dari pintu masuk Sumber Maron yaitu kolam pemandian. Di sini wisatawan akan disuguhi kolam pemandian dengan airnya yang jernih sekaligus dimanjakan dengan dapat berenang bersama ikan-ikan. Ditambah dengan nuansa persawahan dengan bentuk teraseringnya.

 2

Gambar 2. Kolam Pemandian Di Samping Persawahan

Tak jauh dari spot kolam pemandian. Sumber Maron juga memiliki wisata edukasi berupa pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) yang merupakan salah satu sumber listrik dari desa-desa sekitarnya.

 3

Gambar 3. Aliran Sungai Sumber Maron

Kemudian, dengan mengikuti aliran sungai dari kolam pemandian berjarak sekitar 50 meter , wisatawan akan mendapati spot wisata kedua, yaitu air terjun dan wisata rafting/arung jeram.

 4

Gambar 4. Air Terjun Sumber Maron

Samahalnya dengan kolam pemandian, di spot ini wisatawan juga diberikan pilihan untuk berenang menggunakan ban dengan merogoh kocek tambahan, tak mahal hanya Rp.5000,00 wisatawan dapat menikmati sensasi berenang menggunakan ban sepuasnya. Dianjurkan ketika ingin melakukan rafting.

 5

Gambar 5. Aliran Sungai Rafting.

Sangat rugi rasanya jika tak merasakan ‘wahana’ yang satu ini. Karena menurut penulis inilah hal yang paling menarik. Kita dapat merasakan sensasi arung jeram sekitar 200 meter mulai dari hulu kehilir dengan biaya yang sangat murah. Wisatawan akan merasakan derasnya arus sungai dan bebatuan di dalamnya, di sini juga wisatawan harus hati-hati karena perlu metode yang tepat agar tidak terjungkal ketika menikmati wahana arung jeram ini. Untuk kedalaman sungai di Wisata Bahari Sumber Maron ini tidak perlu khawatir karena dangkal hanya saja berbatu, jadi untuk para wisatawan di anjurkan untuk menggunakan celana panjang dan baju.

-RIZKY, FEBRUARI 2018

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*